Ini merupakan kunjungan pertama saya bersama istri dan anak bungsu kami ke kota Padang, dan pilihan menginap di Savali melalui Agoda merupakan pilihan ...
John Howard, Indonesia, 25 Jan 2014
Hayam Wuruk No. 31-33. Padang - Indonesia
T. +62 751 - 27660 | F. +62 751 - 23262
E-Mail : [email protected]
Online Support : Send WA Msg
Follow Us Agoda Page
 
Welcome Guest, Sign In | Sign Up
Tampilkan dalam bahasa Indonesia View in English  
SAVALI HOTEL | Second Home for Everyone
Holiday in Padang
 

Lembah Harau

Lembah Harau adalah sebuah ngarai yang terletak di Kabupaten Limapuluh Koto, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat. Lembah Harau mempunyai tujuh Sarasah (air terjun) yang mempesona. Ketinggian masing-masing air terjun berbeda-beda antara 50-90 meter. Air terjun tersebut mengalir dari atas jurang yang membentang di sepanjang Lembah Harau.

Memasuki Taman Wisata Lembah Harau, seperti berada dalam sebuah benteng. Para wisatawan yang  berada di Lembah Harau serasa “dikepung” tebing kemerah-merahan dengan ketinggian antara 150 hingga 200 meter. Tebing itu tegak dengan kokohnya  mengelilingi lembah.

Lembah yang memanjakan hati dan mata ini mempunyai legenda sendiri. Menurut hikayat setempat, dulunya di atas tebing berdiri sebuah kerajaan, sedangkan lembahnya merupakan lautan. Suatu hari, putri kerajaan memilih terjun ke laut karena tak diizinkan menikah dengan lelaki yang dicintainya. Sang raja lalu memerintahkan rakyatnya mencari jasad sang putri. Namun hingga laut dikeringkan, jenazah sang putri tetap tak ditemukan.

Legenda tersebut diperkuat oleh tim ahli geologi Jerman yang melakukan penelitian di Lembah Harau pada tahun 1980, menemukan bahwa jenis bebatuan yang ada di area lembah identik dengan bebatuan yang terdapat di dasar laut.

Sebagai tambahan, pagar tebing cadas yang curam dan lurus disini juga menantang untuk olahraga panjat tebing. Sebuah organisasi pecinta panjat tebing setempat secara rutin mengunjungi tempat ini sekali dalam setahun.

Di Lembah Harau terdapat hutan lindung di dalamnya hidup beberapa binatang langka asli Sumatera. Di antara satwa  tersebut adalah monyet ekor panjang, primata jenis Maccaca Fascicularis. Bila beruntung, para wisatawan juga bisa menyaksikan harimau Sumatra, beruang, tapir dan landak yang hampir punah.

Objek wisata ini dapat dicapai dengan menggunakan transportasi darat. Dari kota Padang ke Payakumbuh (ibu kota Kabupaten 50 kota), perjalanan  ditempuh selama 3 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi/sewaan atau angkutan umum.

.........................................................................................................................................................
Make Reservation Now
 
Our Facilities
Holiday in Padang
 
See What's Happen in Savali
Hotel's Photo Gallery
 
About Us
Contact Us
 
 
 
 
LOGIN
Username:
Password: